ASTRONOMI

SEMESTER I

Minggu, 10 Juni 2012

Puisi


 Harapan, Bukan Impian, 
Tawaqqu’-ku, bukan tamanni 
Oleh Asoka

Dunia ini semakin gila....
Atau aku yang mungkin gila...

Kau bilang ini gender...
Mau maju saja...
Kau masih Minder...

Kau bilang ini pluralis...
Kau tetap fanatis...
Aphatis....
Tak pernah optimis...
Akan langkah-langkah yang menggerimis...

Tak ada cerminkah untuk berkaca pada fenomena ini...
Mengenai hal-hal teoritis...
Atau langkah-langkah praktis
Demi tercapainya tujuan yang substantif
Bukan sekedar...
Tujuan yang dipersulit birokratif....
Atau juga...
icon-icon lain dengan lebel agamis....

Akankah pemikiran-pemikiran filosofis...
Hanya menjadi bualan, yang imaginatif....

Tampaknya...
tak semua ijtihad salafuna as-shalih...
Harus kita salahkan...
Dengan bualan-bualan...
Yang penuh bumbu keangkuhan...

Dunia ini maya...
Tapi Kau tak percaya...
Realita-realita kabur...
yang memang nyata...

Tak pantaskas aku galau....
Atau layakkah aku dituding mengigau...

Rasanya....
Penilaian kita tak seobjektif penilaian Allah...
Keadilan kita...
Tak sebanding tuntutan-tuntutan...
Mulianya...
Untuk tidak diskriminatif

Kau suruh aku berfikir....
Aku berfilosofis...
Kau tuding aku orang yang kritis...
Tak realistis...

Kau suruh aku bergerak...
Langkahmu tampak subyektif....
Apathis terhadap ide-ide kreatif

Kau mungkin benar....
Tapi, apakah aku selalu salah?
Ketika gerakanku kurang normatif...

Tahukah dirimu...
Situasi tidak konduksif...
Menunggu waktu...
Yang begitu cepatnya berubah

Tampaknya...
Benarlah sang mendiang mengatakan...
Sholih iku ora rogone....
Solih iku bagus atine...

Tak salah juga...
Sang mendiang mengatakan...
Sholeh iku nomer loro...
Sing nomer siji...
Alim...

Benarkah begitu...
Saudaraku....
Kau adalah andalanku...
Diriku itu dirimu...
Kau  juga bagian dari diriku....
Tapi, agaknya tubuh ini kurang sehat...

Aku butuh Suplemen Al-Qur’an...
Vitamin sunnah nabi...
Untuk hal-hal duniawi...
Begitupun ukhrawi....
ربنا اتنا في الدنيا حسنة و في الاخرة حسنة, وقنا عذاب النار

Tidak ada komentar:

Posting Komentar